Cara Edit Video di Filmora

Cara Edit Video di Filmora

Ada banyak software yang dapat dipergunakan untuk mengedit video, misalnya menginformasikan tentang rekomendasi website download game PC. Salah satunya adalah Wondershare Filmora atau yang lebih dikenal dengan FIlmora. Untuk tahu bagaimana cara mengedit videonya, simak informasi berikut ini.

Apa itu Wondershare Filmora?

Wondershare Filmora atau yang dikenal dengan FIlmora ini merupakan software editing video yang dapat dipergunakan di komputer dengan OS Windows, iOS. Ada 2 versi yaitu versi biasa dan versi pro yang menawarkan fitur yang lebih banyak dibandingkan versi biasa.

Ketika Anda ingin mengedit video, ada windows yang menyediakan tampilan untuk aspek rasio yaitu 16:9 dan 4:3. Nantinya, Anda juga dapat memilih menu untuk membuat video seperti:

  1. Full feature mode yang memungkinkan Anda untuk menggunakan semua fitur yang ada di aplikasi.
  2. Easy mode merupakan fitur untuk memudahkan Anda mengedit video dan tidak ingin yang terlalu rumit.
  3. Instant cutter untuk Anda yang hanya ingin memotong videonya saja. Jadi Anda sudah memiliki video lengkap dan hanya ingin memotong bagian yang kurang diperlukan saja.
  4. Action cam tools untuk Adan yang ingin melakukan editing sebatas mengoreksi kecerahan gambar, kecepatan video ataupun yang lainnya.
filmorea
filmorea. pic: shopee.co.id

Cara Editing

Siapkan terlebih dahulu video yang akan diedit dalam 1 folder agar Anda lebih mudah untuk mencari dan kemudian mengimport ke Filmora. Setelah itu, buka Filmora terlebih dahulu. Anda bisa menentukan rasio dan jenis tampilan window yang Anda inginkan. Misalnya full feature mode untuk pengeditan yang lebih leluasa menggunakan fitur di Filmora.

Jika sudah, lakukan hal berikut ini:

  1. Import file yang sudah Anda kelompokkan. Caranya adalah klik icon import lalu pilih file yang akan diedit. Open.
  2. Jika file sudah semua terimport semuanya maka pilih tarik atau drag ke bagian timeline. Urutkan sesuai dengan scene video yang ingin dibuat. Jika perlu, namai file anda dengan nomor agar mudah untuk mengurutkannya sehingga video tersebut memiliki jalan cerita yang Anda inginkan.
  3. Jika video sudah diedit, mulai dari cutting, split, hingga color correction ataupun yang lainnya, masukkan audionya. Untuk mengedit audio, klik icon edit atau klik kanan di project video di timeline lalu edit. Jikapun Anda ingin memisahkan antara video dan juga audio, maka Anda bisa klik bagian audio detect.
  4. Setelah itu, tambahkan efek pada video dengan klik kanan di video dan pilih power tool. Pilih efek yang Anda inginkan. Atur dan kemudian klik ok.
  5. Tambahkan text atau credit jika perlu. Misalnya credit title pada siapa saja yang sudah bekerja di balik layar. Caranya, klik kanan di menu text/credit. Tulis apa yang ingin ditulis lalu ok.
  6. Anda bisa menambahkan efek ataupun frame intro sesuai dengan yang Anda inginkan
  7. Jika video sudah sesuai, maka klik icon dan klik save project. Lalu export untuk mengeksport project ke format file video seperti mp4. Caranya adalah klik icon, format, edit bagian nama dan penyimpanan lalu klik export.

Setelah itu, Anda hanya perlu menunggu hingga proses selesai. Selamat mencoba!